Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Hp Konslet/Short Dengan Multitester

Cek Hp Konslet/Short Dengan Multitester - Pada kesempatana kali ini saya mau berbagi pengalaman ke pada kalian untuk membedakan hp yang konslet atau short dengan multitester, konslet atau short itu ada beberapah macem-macem kalau short ic ada juga short pada komponen atau dioda, short vbat jadi kita harus tau dulu short nya pada ic atau komponen, untuk memastikan kamu bisa mengunakan multitester analog di ukuran kali x1.

Saya akan jelaskan ke pada kalian , yang setau saya, tentang pengalaman saya jadi teknisi ponsel selama ini, jadi bagi agan-agan yang pemula agan bisa baca dan ikuti tutorial ini, walaupun kata-kata ini ada yang kurang atau tidak yambung mohon di mengerti , yang penting agan bisa tau apah yang saya tuliskan ke pada kalian, di sini saya akan berbagi tip saja untuk mengecek hp rusak /matot di karanakan short/konslet atau short di jalur.

Langkah Pertama agan siapkan bahan-bahan seperti berikut.

1. Multitester analog
2. Power Supply Hp
3. Mbr Penghancur Short


Cara Mengukur Jalur Hp Konslet/Short

1. Agan ambil Hp Android agan dan coba agan cabut batre , dan ambil Multitester analog  Set dio kali X10 dan jangan lupa di kalibrasi terlebih dahulu.

2. Sekarang agan Hubungkan Kabel Positif + Sama kabel Negatif - kemudian sambungkan pada Port konektor batre yang sesuwai Positif + Sama kabel Negatif - contoh seperti di bawah ini.
Cek Hp Konslet/Short Dengan Multitester

3. Jika jarum Multitester sesuwai pada gambar di atas, itu bisa di tandakan hp masih ke adaan baik, jika jarum Multitester bergerak Full /mentog itu bisa di sebut jalur yang short/konslet pada jalur.

Cara Cek Hp Matot Dengan Multitester

1. Sekerang kita ukur dengan cara terbalik Kabel Positif + Sama kabel Negatif - Multietser Sambungkan  kabel Negatif - sama Kabel Positif + ke Konektor batre seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Cek Hp Matot Dengan Multitester

2. jika jarum Multitester bergerak setengah atau full itu bisa jadi short pada ic atau komponen, agan bisa perhahatikan pada jarum Multitester di bawah ini.


Penjelasan angka Jarum Multitester

Jarum Angka 1

Amper tidak naik


Itu hp tidak Short cuman kalau kita cek dengan yalakan di Power Supply biyasanya jarum amper power suply tidak naik, atau niak juga cuman 02/03 Amper pas kita tekan tombol power,itu bisa terjadi Ic Power yang bermasalah.

Jarum Angka 2 

Short Kecil

Jarum angka Multitester Ciri Short pada Ic atau Dioda , bisa jadi hp ini masih bisa hidup atau cuman boros batre, di karnakan terjadi hort kecil, entah di Ic atau Komponen atau dioda, angka jarumnya seperti di bawah ini.

Untuk mengatasi Short Kecil agan bisa masuk pembahasan halaman sini 

Jarum Angka 3

Short Setengah

Untuk Jarum angka ini 3 , ini bisa jadi Short setengah pada Ic atau kompnen untuk cara atasinya agan bisa gunakan Mbr , untuk mencari short dengan cara SeT Mbr di tegangan 3,8 Vol dan sambungkan pada Kenektor batre, maka agan raba raba seruruh kompen atau ic , jika ada yang angat itu lah yang bermasalah , entah Ic atau komponen.pasti pas kamu raba tidak ada yang panas di kranakan ini short sedenag bukan short full.

Jarum Angka 4

Short Jalur Vbat


Untuk Jarum angka ini, bisa jadi short pada jalur Vbat, di karnakan, jarum multitester naik tinggi, tapi tidak full, agan tinggal tembak saja, dengan MBR 12 Amper permasalahan akan beres.

Jarum Angka 5

Short Jalur Mesin Pcb

Jika pas agan ukur jarum angka multitester naik nya full seperti pada gambar di atas, itu bukan short tapi Konslet pada jalur Pcb terjadi hubung singkat Positif + Sama Negatif , untuk meyelesaikan permasalahan pada jarum angka ini, agan bisa cek terlebih dahulu. fisik mesin Pcb nya jika bekas terkena Air agan bisa ,bersihkan dengan thinner cat, takut mesinya korosi hingga terjadi hubung singkat di antara Positif + Sama Negatif , untuk kahus ini adalah short jalur PCB, bukan di Short Ic atau komponen.


Mungkin pada pembahasan kali ini sudah cukup paham , mohon maap bila ada kesalahan dari kata-kata yang saya bikin ini, mohon di maklumi, karna saya juga masih tahap belajar, hanya saja ingin berbagi ilmu ke pada kalian yang masih pemula, cukup sekian dari kami, jika agan ada pertayan untuk masalah hp agan , agan bisa kasih saja kode jarum yang kamu ukur maka saya akan membantu kalian.

Mohon maap kurang lebihnya dari kami, mungkin hanya ini saya pada pembahsan tentang short Cek Hp Konslet/Short Dengan Multitester, semoga artikel ini bisa menjadi berkah untuk agan, sampai jumpa wasalam.
adanichell tool pro